Leta Lestrange lahir sebagai pureblood, penyihir berdarah murni, dari ayah seorang penyihir berkulit putih, Corvus Lestrange, dan ibu berkulit hitam, Laurena Kama. Ayah dan ibunya tak bertemu dalam cinta yang tulus layaknya kisah cinta lain. Garis tragedi hidup seorang Leta Lestrange sudah dimulai dengan sebuah fakta tak menyenangkan bahwa ayahnya, Corvus Lestrange, bisa memiliki seorang Laurena Kama dengan cara yang tidak alami. Ia menggunakan sihir untuk menculik Laurena yang saat itu sudah berstatus sebagai seorang istri dari Mustafa Kama dengan Yusuf Kama sebagai putera mereka. Jadi, ayah Leta Lestrange menculik istri orang? Ya, begitulah. Sampai lahirlah seorang Leta Lestrange.

Tragedi berlanjut dengan meninggalnya ibunya, Laurena Kama, ketika melahirkan Leta Lestrange. Ia tumbuh tanpa merasakan kasih sayang seorang ibu. Meskipun ayahnya masih ada, ia tetap tak merasakan kehangatan sebuah keluarga bahkan setelah ia punya saudara tiri dari ibu tirinya, Clarisse Tremblay.

Leta kecil tumbuh dengan rasa bersalah setelah apa yang ia lakukan terhadap saudara tirinya ketika Corvus Lestrange itu masih bayi. Kejadian itu bermula saat dalam perjalanan laut, Leta merasa terganggu dengan tangis si bayi yang tak kunjung berhenti. Merasa terganggu, Leta pun melangkah ke ruangan lain dimana ada bayi yang sedang tertidur. Leta menukarnya dengan bayi itu. Tragedi pun terjadi ketika kapal tersebut karam. Leta sempat berusaha menyelamatkannya namun gagal. Bayi Corvus Lestrange pun tenggelam di lautan. Bayangan tentang kejadian itu tak berhenti menghantui Leta. Tampak dalam sebuah scene di sebuah kelas dimana Newt Scamander kecil juga ada di kelas itu. Ketika Dumbledore meminta Leta menunjukkan ketakutannya, muncullah Boggart berbentuk helaian kain putih yang membungkus seorang bayi. Ketakutan itu adalah bentuk rasa bersalahnya karena apa yang telah ia lakukan dalam perjalanan laut itu, sama saja ia secara tidak langsung telah membunuh saudara tirinya, Corvus Lestrange, yang akhirnya tenggelam.

Kegiatan Leta bersekolah di Hogwarts tak membuatnya melupakan kejadian itu. Rasa bersalah itu terus menghantui hingga merenggut keceriannya. Sebagai sorang siswi asrama Slytherin, Leta tentu saja membalas ketika ada siswi lain yang mengganggunya.

Dalam kesuraman itulah muncul sosok seorang siswa Hufflepuff yang membuatnya merasa sedikit lebih baik. Newt Scamander lah yang mampu mengisi kekosongan cinta seorang Leta Lestrange yang merupakan seorang siswi Slytherin. Wow! Hufflepuff and Slytherin. Newt yang merupakan seorang penyayang binatang membuatnya menjadi pribadi yang mempu melihat individu dari sisi lain. Bagi Newt, Leta bukan sosok yang jahat atau aneh, seperti yang dikatakan siswi lain itu ketika mengganggunya. Keunikan karakter masing-masing membuat mereka berteman dekat dan saling mengisi kala itu.

Dalam film Fantastic Beasts: Crimes of Grindelwald ini, digambarkan bahwa Newt dan Leta ternyata tak berjodoh. Leta justru bertunangan dengan Theseus Scamander, kakak kandung Newt. Meskipun begitu, Leta tampak tak bisa melupakan kenangan-kenangan indah bersama Newt ketika masih sama-sama sekolah di Hogwarts. Hati wanita seluas samudera. Siapa yang tahu, ya kan? Tragisnya, meskipun Leta adalah tunangan Theseus, mereka tak sampai merasakan indahnya pernikahan. Leta mengorbankan dirinya ketika Grindelwald mengajaknya bergabung demi menyelamatkan duo Scamander, si Newt dan si Theseus.

Plot twist yang menggetarkan! Sebagai seorang Slytherin (yang Potterhead tahu bahwa banyak Slytherin yang memihak si jahat Voldemort di seri Harry Potter), banyak orang mungkin mengira, ia akan lebih memilih untuk bergabung dengan Grindelwald yang menawarkan dunia baru dimana para penyihir berkuasa. Seharusnya, kalau Leta bergabung dengan Grindelwald, ia lebih bisa melakukan apapun yang ia mau. Tentu saja ia berpeluang untuk nantinya menjadi kaki tangan Grindelwald. Tapi tidak! 😔 Leta mengorbankan nyawanya, tak lupa berpamitan (entah pada salah satu atau kedua Scamander itu), menutupnya dengan mengatakan, “I Love You”. Ia memilih mengambil resiko untuk menyerang Grindelwald dengan berpura-pura mengiyakan tawarannya. Dengan kekuatan seorang penyihir seperti Grindelwald, Leta Lestrange akhirnya benar-benar tinggal lah nama…

Nb: I literary cried when she died

Written by

Soulvull

an introvert cloud walker