Hidup memang tak seindah cerita dongeng.

Begitu juga yang sesungguhnya terjadi pada Pocahontas. Berdasarkan situs National Park Service’s Historic Jamestowne, adalah nama asli Pocahontas adalah Amonute. Ia juga memiliki nama lain Matoaka, namun terkenal dengan nama Pocahontas. Ketika bertemu pada tahun 1608, John Smith berusia 28 tahun sementara Pocahontas berusia 12 tahun. Pocahontas dan John Smith dikabarkan tak benar-benar bersama. Banyak sumber justru menyebutkan bahwa mereka sebenarnya tak pernah saling cinta, tapi hanya berteman.

Pada cerita asli, tak ada kisah cinta mendayu-dayu yang perlu diberi perhatian. Nama Pocahontas justru membuka bagian catatan sejarah antara penjajah Inggris dan suku asli Amerika, yaitu suku Indian. Pocahontas membawa kebaikan bagi para penjajah Inggris, memberikan makanan ketika mereka membutuhkan pangan. Semua bisa berjalan baik berkat jasa Pocahontas meyakinkan ayahnya yang merupakan kepala suku Powhatan. Namun, penjajah tersebut sepertinya kurang bersyukur terhadap kebaikan dari suku Indian hingga meletuslah perang pada tahun 1609. John Smith yang berseteru dengan kepala suku Powhatan akhirnya kembali ke Jamestown karena terluka parah. Sementara Pocahontas menikah dengan seorang pria sesama sukunya bernama Kocoum ketika menginjak usia 14 tahun.

Pada tahun 1613, Pocahontas diculik oleh seorang kapten Inggris bernama Samuel Argall setelah terlebih dahulu membunuh Kocoum, suami Pocahontas. Tujuannya adalah untuk memeras dan menekan suku Indian terutama kepala suku Powhatan karena ia tahu, Pocahontas adalah puteri kesayangan ayahnya. Dengan begitu, diharapkan suku Indian bersedia menuruti apapun permintaan penjajah Inggris. Wanita Indian itu dibawa meninggalkan tanah kelahirannya yang saat ini kita kenal dengan Amerika ke daratan Eropa, tepatnya Henrico, Inggris. Selama menjadi tawanan, Pocahontas dikabarkan sempat menjadi korban pemerkosaan.

Bagaimana kelanjutan cerita Pocahontas? Apakah hidupnya semakin memburuk setelah jauh dari tanah kelahirannya? Masih adakah harapan bagi Pocahontas untuk menjalani hidupnya dengan lebih baik? Baca artikel lanjutan pada tautan berikut. http://www.soulvull.com/index.php/2019/08/08/kisahpocahontasrebeccarolfe/

Sumber utama: www.history.com.

Written by

Soulvull

an introvert cloud walker