Rebecca Rolfe itu siapa? Apa hubungan dia dengan Pocahontas?

Pada artikel sebelumnya, ditulis bahwa Pocahontas dan John Smith sesungguhnya tidak memiliki hubungan yang begitu istimewa. Ia justru sempat menikah dengan pria suku Indian asli ketika usianya idanggap cukup untuk menikah, 14 tahun. Baca selengkapnya pada tautan berikut. http://www.soulvull.com/index.php/2019/08/08/kisahaslipocahontasjohnsmith/

Setelah sempat ditawan, Pocahontas akhirnya bangkit dan mendapatkan kebebasannya setelah mempelajari adat, agama, dan kebudayaan setempat. Setelah memeluk agama Kristen, ia lalu mengganti namanya menjadi Rebecca. Tak lama kemudian, ia menikah dengan John Rolfe, seorang pebisnis tembakau, dan dianugerahi seorang putera bernama Thomas Rolfe. Ia kemudian dikenal dengan nama Rebecca Rolfe. Mereka kemudian pindah ke pedesaan Brentford, Inggris. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Pocahontas sempat tidak sengaja bertemu dengan John Smith, namun pertemuan itu menjadi pertemuan terakhir mereka. Meski begitu, John Smith sempat menulis sepucuk surat kepada Ratu Anne -ratu Inggris kala itu- yang menceritakan tentang jasa-jasa dan kebaikan Pocahontas pada Inggris ketika masa-masa awal di Jamestown.

Pocahontas tutup usia pada saat menginjak 21 tahun. Semua bermula ketika ia dan suaminya memulai perjalanan kembali ke Virginia, Amerika Serikat. Baru sampai di Sungai Thames, Pocahontas sakit parah. Kondisinya tidak memungkinkan melanjutkan perjalanan dan ia pun dibawa kembali ke daratan Inggris. Pocahontas dikabarkan meninggal akibat sakit pneumonia. Sumber lain menyebutkan bahwa ia sakit disentri. Demi mengenang Pocahontas, dibuatlah sebuah patung yang kini berdiri di halaman Gereja St. George di Gravesend, Kent, Inggris, dimana jasadnya juga bersemayam di sana. Pocahontas dikenang di Inggris karena kisah kepahlawanan, keberanian, dan jasa-jasanya yang dianggap sebagai pendamai antara suku Indian dan Inggris. Meski begitu, kondisi suku Indian mulai berubah suram seiring waktu setelah Pocahontas meninggal.

Sumber utama: www.history.com

Written by

Soulvull

an introvert cloud walker