• MANDI PAGI pakai air dingin sebelum jam 7 pagi. Lebih baik lagi antara jam 5-6 pagi. Haduh, bangun pagi aja susah kok disuruh mandi. Haha. Coba deh, mandi sepagi itu. Tapi pakai air dingin lho, ya. Dijamin tubuh lebih ‘siap perang’.
  • WEDANG LEMON. Cukup sepertiga buah lemon diperas, lalu beri air hangat. Jangan lupa madu atau gula secukupnya supaya tidak ‘kaget’ karena terlalu asam.
  • (atau) KOPI. Kalau kurang suka lemon, mungkin bisa diganti minum kopi. Tapi kalau ingin bonus wajah cerah, lemon aja, deh!
  • MASKER LEMON. Cara malas pakai masker adalah dengan mengusap-usapkan bagian dalam kulit lemon sisa perasan wedang lemon tadi, langsung ke wajah. What!? Sisa yang tadi? Iya, kulitnya kan masih ada tuh, pakai aja itu! Bagian dalamnya. Ngapain repot-repot peras lemon lagi. Khusus untuk kulit berminyak, cukup lemon saja tanpa tambahan apapun sudah cukup. Kalau jenis kulitmu normal, disarankan ditambah madu. Tidak disarankan untuk kulit kering apalagi sensitif. Untuk yang ‘tidak bisa’ pakai lemon di wajah, hirup aroma lemon saja cukup kok. Bisa juga dari essential oil lemon (beli di marketplace seperti Tokopedia, banyak dan relatif murah). Wedang lemon tadi ditambah masker lemon selain menambah semangat karena aromanya segar, juga bonus kulit cerah.
  • MUSIK PAGI FAVORIT. Paling asik sih, waktu mandi pagi dan sedang persiapan sambil dengerin musik. Yang penting ketika mandi, letakkan speaker di tempat yang aman, apalagi kalau dengerin musiknya langsung dari gawai. Ahh, kalian lebih jago lah!
  • DOA/MEDITASI/SHOLAT/SEMBAHYANG/MENGHADAP SANG PENCIPTA. Apapun agama/kepercayaannya, benang merahnya adalah menikmati keheningan pagi, bagaimanapun cara kita ‘laporan pagi’ ke Sang Pencipta. Minimal duduk dan diam di atas kasur sambil pejamkan mata. Lakukan dengan hati mengucap syukur. Minimal itu (sstt, dulu pernah sampai ketiduran ketika duduk diam di atas kasur karena kalah sama kantuk). Haha. Tapi lakukan saja. Lama-lama mulai bisa menyesuaikan diri, kok. Kalau mau dengerin musik, jangan ketika baru bangun tidur, nanti makin malas. Dengerin musiknya nanti saja ketika mulai mandi. Ini semacam meditasi karena dilakukan ketika hari belum sebising siang. Ngantuk? Wajar, namanya juga night owl. Tetap lanjutkan. Pokoknya jangan menyerah. Minta kekuatan sama Sang Pencipta. Nanti tubuh akan menyesuaikan diri.
  • DIRI SENDIRI. Maksudnya apaan? Alangkah baiknya memulai pagi dengan Yang Maha Kuasa dan diri sendiri dulu. Nelpon orang lain, urusan dengan manusia lain nanti saja (kecuali darurat). Ibaratnya, kita semacam menata jiwa dan raga sebelum ‘bertemu’ orang lain/orang luar. Menata diri supaya mood baik, penampilan baik, dan lain-lain. Night owl lebih ‘merasa waras’ di malam hari. Namun ada kondisi di mana beberapa night owl tetap perlu bangun pagi dan mulai aktivitas (biasanya karena urusan pekerjaan dan urusan kehidupan lainnya – you know lah). Nah, supaya para makhluk night owl ‘sedikit lebih waras’, urusan pagi sebaiknya (mempersiapkan) diri sendiri dulu. Urusan dengan manusia lain nanti saja.

Morning people mungkin tidak perlu ‘susah payah’ untuk pagi-pagi sudah baca koran dan segera ‘membaur dengan kehidupan’, namun tidak dengan night owl. Tips di atas bukan untuk merubah night owl menjadi morning person. Tips di atas hanyalah sedikit cara untuk ‘menyiasati’ keperluan bangun pagi khusus bagi para night owl. Tetaplah mencintai malam kalau itulah apa adanya diri kita di mana jiwa kita terasa lebih ‘ngegas’ di malam hari. Paling tidak, tips ringan di atas bisa menaikkan level ON di pagi hari supaya lebih ‘siap perang’. 😊 Have a nice day, nighters!

Nb: tips di atas ditulis berdasarkan pengalaman pribadi

Written by

Lisa Ningtyas

just an introvert with the head in the clouds