‌Gara-gara pandemi virus corona, banyak jadwal jadi berantakan, harus belajar di rumah, kerja di rumah. Pokoknya tetap tinggal di rumah. Kalau tiga empat hari mungkin masih menyenangkan. Tapi kalau satu minggu, dua minggu? Oh, no! Bisa bosan nanti!

Tidak akan! Acara ‘Stay at home’ tetap bisa menyenangkan dari hari ke hari. Percaya lah! Kami punya banyak ide untuk sobat jiwa yang takut bosan di rumah terus-terusan.

  • ‌Coba olahraga baru. Belum pernah coba Yoga? Atau Zumba? Sekarang buka YouTube, cari video yang bisa diunduh, lalu coba. Kikuk? Takut salah? Tak akan ada yang marah. Mulai aja dari level pemula. Hindari gerakan berat. Jangan lupa pemanasan dulu, ya.
  • ‌Nonton film. Netflix, Viu, HOOQ, YouTube. Tinggal pilih. Bahkan masih ada aplikasi lain yang menyuguhkan tontonan seru karya anak negeri, seperti Iflix yang menyediakan banyak film-film lokal.
  • ‌Masak atau bikin kue. Nggak perlu yang ribet. Resep simpel tapi enak banyak, kok. Bisa juga unduh aplikasi Yummy. Dari resep makanan ringan sampai berat ada di sini, bahkan beragam jenis minuman juga ada.
  • Nulis. Nulis jurnal, nulis diary, nulis apa aja. Nulis di kertas atau ngetik di laptop sama serunya. Bahkan jika ingin nulis di gawai juga bisa. Ada aplikasi Jotterpad, Evernote, Writer Plus, dan masih banyak pilihan lain. Mau nulis cerita? Bisa di Wattpad atau Storial.co. Malas? Nulis pengeluaran bulanan aja sana!
  • ‌Baca buku atau majalah. Stok lama tetap asik dibaca. Kalau ingin beli baru, Grobmart, Bukupedia, Gramedia dan Periplus punya jalur online untuk pembelian buku. Kalau mau yang ada diskon, buku-buku Togamas juga bisa dibeli melalui marketplace.
  • ‌Tata ulang lemari buku. Rubah posisi buku, atau sekadar bersih-bersih. Cukup lap menggunakan kain. Temukan novel lama yang akan bikin senyam senyum sendiri. Mungkin ada buku lama yang ingin dijual?
  • Ngeteh. Apaan? Minum teh? Iya, minum teh. Duduk tenang, seruput sambil hirup aroma teh yang menenangkan. Turunnya hujan akan menyempurnakan acara minum teh.
  • ‌Cari musik baru. Spotify atau JOOX sama bagusnya. Bisa juga coba YouTube Music. Jangkauan musiknya sangat luas dengan video klipnya yang orisinil benar-benar memuaskan. Referensi musik yang disajikan berdasarkan genre pilihan kita juga oke. Makin sering digunakan, YouTube Music akan makin bisa membaca selera musik kita. Tersedia opsi langganan untuk sobat jiwa yang ingin memainkan musik tanpa distraksi.
  • Nostalgia barang lama. Barang lama itu banyak sebenarnya, contohnya album foto lama di rumah. Coba lihat koleksi foto lama bapak ibu, pasti senyam-senyum sendiri. Betapa jadulnya saat itu. Gaya jaman dulu pasti beda banget dibanding jaman sekarang. Kalau tak ada album foto keluarga, bisa juga barang lama pemberian teman atau bahkan mantan. Mau dibersihkan, dipindah tempat, atau sekadar dipandangi sambil senyam-senyum sendiri, terserah. Nostalgia itu asik lho!
  • Jual barang tak terpakai di marketplace. Ngaku deh, kita kadang suka nyampah, nyimpen barang-barang lama yang sebenarnya sudah jarang banget dipakai. Entah kenpa rasanya seperti enggan dijual, kalau disimpan kok nyampah. Nah lo! Serba salah. Solusinya, coba iseng foto lalu jual di marketplace. Apalagi kalau barangnya unik atau langka -catatan: barang layak jual-, contohnya barang-barang seperti, tas, buku novel, boneka, action figure, dan lain sebagainya. Gambling aja! Kalau barangnya laku, artinya sobat jiwa memang waktunya say goodbye pada barang lama itu. Hehe. Anggap saja bersih-bersih bonus duit. Cukup foto, posting, selesai.

Nb= sobat jiwa: sebutan untuk pembaca blog soulvull.com

Written by

Lisa Ningtyas

just an introvert with the head in the clouds